Ilmu Pengetahuan Sebagai Induk Kemajuan Teknologi

Ilmu pengetahuan sebagai induk kemajuan teknologiPerkembangan teknologi pada suatu bangsa tergantung pada sumberdaya manusia (SDM) yang dimiliki negara itu. Begitu pula strategi ekonomi sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi berdasarkan tingkat kemajuan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Dapat dikatakan bahwa tingkat perkembangan teknologi di suatu masyarakat sangat tergantung pada ilmu pengetahuan yang ada, kerena pada dasarnya ilmu pengetahuan adalah Induk dari teknologi itu sendiri.

Banyak bukti menunjukkan bahwa suatu negara yang ilmu pengetahuan masyarakatnya rendah, tingkat teknologinya juga akan rendah.

Begitu pentingnya arti ilmu pengetahuan bagi suatu masyarakat. Ilmu pengetahuan tidak hanya untuk  menciptakan teknologi baru atau memperbaiki teknologi yang sudah ada. 

Lebih dari itu, ilmu pengetahuan juga untuk memperluas wawasan dan cakrawala berpikir sehingga dapat memberikan tantangan baru bagi perkembangan teknologi selanjutnya.

Sebagai contoh, sebagai seorang ahli ilmu pengetahuan tertentu bekerja di suatu industri. Dia harus menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan praktis, tetapi dia tidak boleh melupakan dasar-dasar ilmu pengetahuan tersebut.

Dengan menguasai ilmu pengetahuan, kita dapat mengetahui mengapa dan bagaimana proses sesuatu itu bekerja.

Hanya dengan ilmu pengetahuan kita akan mampu memberikan saran perbaikan dan pengembangan lebih lanjut dari teknologi yang dipakai dalam proses sebuah perindustrian.

Maka dari itu, mari kita bimbing generasi muda Indonesia untuk berlomba-lomba dalam perkembangan teknologi agar teknologi ke depannya makin lebih canggih dan bisa menopang ekonomi dan kehidupan sosial setiap masyarakat di sekitar kita.

Dengan teknologi kita bisaa... Amin. “Generasi yang hebat adalah generasi yang mau belajar dan sadar akan pendidikan”. (Penulis : Hadi Rahim)