Manfaatkan Lahan Sempit Sekitar Rumah

Memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah – Lahan sempit? Apa maksudnya? Dalam pengkajian artikel ini adalah lahan atau areal di sekeliling rumah tempat tinggal yang masih kosong atau belum dimanfaatkan. 

Lahan sempit yang tersedia di sekitar rumah bisa saja di pekarangan, samping kiri-kanan dan belakang rumah. Areal kosong ini bisa diolah menjadi lahan produktif.

Ini akan menjadi pendidikan gratis bagi anak di lingkungan keluarga. Pendidikan lingkungan hidup tidak hanya di dapatkan melalui lembaga sekolah. 

Di rumah tangga menjadi tempat paling strategis bagi pendidikan anak. Anak diberikan pelajaran tidak langsung tentang alam dan lingkungannya. 

Anak bisa bersahabat dengan alam sehingga menjadi paham bagaimana manusia bersahabat dengan lingkungan.

Begitu pula menjaga dan memanfaatkan lingkungan sekitar dengan baik. Tujuannya agar dapat memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan anggota keluarga.

Banyak yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan lahan sempit di sekitar rumah. Misalnya,  bertanam cabe dalam pot plastik, cabe rawit atau cabe merah.

Bisa dilakukan dengan menanam secara langsung di tanah. 

Budidaya tanaman cabe menggunakan media plastik sepertinya lebih efektif. Terutama dalam hal perawatan maupun keselamatannya dari rumput pengganggu (gulma). 

Tanaman menyela pohon cabe sering mengambil makanan sehingga  tanaman cabe menjadi tidak subur.

Selain itu lahan sempit juga dapat dilakukan dengan beternak ayam kampung meskipun dalam jumlah terbatas. Begitu pula membuat kolam mini dan sederhana. 

Sisa makanan dari anggota keluarga secara langsung dapat menjadi bahan makanan bagi ternak ayam maupun ikan.

Namun demikian ada syaratnya, anggota keluarga harus memiliki waktu dan kesempatan untuk mengerjakannya. 

Jika sibuk semua, pasti sulit juga untuk melakukannya. Sibuk bekerja di luar rumah atau… barangkali sibuk dengan aktivitas blogging. Sekian.***