Karya Wisata ke Pantai Air Manis Padang

Karya wisata ke pantai air manis padang - Kelas 9 SMPN 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar melaksanakan karya wisata dalam rangka perpisahan ke Pantai Air Manis Padang. Rombongan dipimpin langsung oleh kepala sekolah Syafrida SPd.

Aksi siswa berpose di kawasan Pantai Air Manis (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Kegiatan karya wisata ini diketuai oleh Elfianti SSn, sekretaris Zulfikar SPd dan bendahara Wirda Nengsih SPd.

Setiap kelas 9 dikelola oleh wali kelas masing-masing Warniati SPd, Elfianti SSn dan Rocestri MPd. Selain itu setiap kelas juga didampingi oleh guru dan pegawai. 

Selain itu Pengurus Komite seperti Usman, Dede Darman dan Irmi Susanti serta alumni Ihsan Kurniawan ikut mendampingi siswa.

Penulis di bagian ujung serpihan kapal Malin Kundang (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Pantai Air Manis dan legenda malin Kundang

Pantai Air Manis merupakan salah satu destinasi wisata alam dan sejarah di Kota Padang. Lokasinya lebih kurang 10 kilometer ke arah selatan ibu kota Provinsi Sumatera Barat. Atau berada di belakang Gunung Padang, yang menjadi latar roman Siti Nurbaya.

Foto di atas motor ATV wahana di Pantai Air Manis (dok.sm0n2lb/ Matrapendidikan.id)

Objek wisata Pantai Air Manis di Kelurahan Air Manis Kecamatan Padang Selatan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama di akhir pekan atau hari Minggu serta hari libur.

Laut yang menghampar di Pantai Air Manis berombak kecil. Pemandangan alam ini begitu mengasikkan. Apalagi di bagian arah utara pantai. Dari jauh terlihat Gunung Padang serta dua  Pulau Pisang.

Satu lagi yang tak kalah menarik, di Pantai Air Manis ini tercipta Legenda Malin Kundang. Seorang anak yang durhaka kepada ibunya setelah sukses di rantau.

Di jembatan menuju Legenda Malin Kundang (dok smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Ia berlayar di laut sebelah barat Pulau Sumatera dan Singgah di daerah asalnya. Namun Malin Kundang tidak mengakui dan menghardik ibunya.

Ibu Malin Kundang sangat kecewa dan mengutuknya menjadi batu. Malin Kundang meneruskan pelayaran. Akan tetapi kapal Malin Kundang dihantam badai dan terdampar di Pantai Air Manis.

Di Batu Legenda Malin Kundang (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

Mungkin hanya sebuah legenda namun menarik dijadikan sebagai pelajaran penting bagi anak agar tidak durhaka pada orangtua.

Maka tidak heran jika Pantai Air Manis ini menjadi ramai dikunjungi oleh guru, siswa maupun umum.***