Persami di SMPN 2 Lintau Buo Lancar Meski Sempat Diguyur Hujan

Persami di smpn 2 lintau buo lancar meski sempat diguyur hujan - Gudep 689/690 SMPN 2 Lintau Buo kembali menggelar Persami (Perkemahan Sabtu Minggu) di bumi perkemahan Gudep tersebut Sabtu dan Minggu (10 dan 11 Februari 2024).

"Kegiatan kepramukaan membentuk karakter baik bagi anggotanya. Tri satya pramuka dan Dasa Darma Pramuka yang dipelajari adik-adik jadi acuan dalam membentuk karakter tersebut," ujar Kamabigus Gudep 689/690 Syafrida SPd antara lain.

Hal itu disampaikan dalam amanat pembina upacara pembukaan Persami di bumi perkemahan Gudep, Sabtu siang (10/2/24).

Upacara pembukaan Persami juga diikuti oleh Pembina Pramuka lainnya Arlis Anwar SPd, Hasma Umneti SPd.Ing dan Zulfikar SPd.

Berkaitan dengan rangkaian kegiatan Persami, Kamabigus berharap anggota pramuka di Gudep dapat mengikutinya dengan baik.

Salah satu Persami yaitu kegiatan api unggun Dasa Darma Pramuka berlangsung menarik. Prosesi api unggun dibantu oleh Yona DKR Tanah Datar, DKR Lintau Buo Utara dan Ihsan Anggota Pramuka SMPN 1 Lintau Buo.

Api unggun bukan untuk persembahan melainkan sebuah ritual untuk mengobarkan semangat dan jiwa anggota pramuka.

"Api unggun adalah gambaran semangat jiwa kita, bagaimana jiwa pramuka yang ada dalam diri. Kita kobarkan dan kita hidupkan dasa darma dalam keseharian kita," ujar Kamabigus dalam sambutan penutupan yang bersemangat dan berapi-api.

Kegiatan lain yang berlangsung usai hujan adalah hiking dengan jarak pendek. Anggota pramuka penegak dan pembina terkadang melewati jalan berair.

Namun kegiatan yang menempuh jarak lebih kurang 3 km tersebut dapat diselesaikan.

Seperti diketahui, kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib di sekolah dalam Kurikulum Merdeka. Persami adalah evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran ekstrakurikuler kepramukaan.***