Kabar Hari Guru Nasional 2023

Kabar hari guru nasional 2023 - Para guru Indonesia akan memperingati Hari Guru Nasional ke-78 Tahun 2023. Puncak peringatan hari Pahlawan Insan Cendikia tersebut jatuh pada Sabtu, 25 November 2023.

Ilustrasi gambar (detik.com)

Berbagai kegiatan telah dipersiapkan untuk merayakan Hari Guru Nasional 2023 oleh panitia mulai dari tingkat sekolah, kecamatan sampai tingkat nasional.

Namun puncak peringatan Hari Guru Nasional ditandai dengan upacara bendera. 

Di tingkat sekolah, misalnya di SMPN 2 Lintau Buo, ditandai dengan upacara bendera dengan pelaksana dari guru dan tenaga kependidikan.

Selain itu, siswa yang tergabung dalam Osis SMPN 2 Lintau Buo juga mengadakan acara khusus lomba yang murah meriah. Diantaranya lomba estafet tepung dan joget balon.

Sementara itu di tingkat Kecamatan Lintau Buo, kegiatan Hari Guru Nasional dipusatkan di SMKN 1 Lintau Buo.

Kegiatan yang berlangsung Kamis, 23 November 2023 antara lain Senam Jantung Sehat, Lomba Lagu Minang dan Baca Puisi.

Lantas, PGRI Cabang Tanah Datar menggelar Gerak Jalan Jantung Sehat, Sabtu 25 November 2023.

Makna peringatan hari guru nasional

Guru merupakan pahlawan insan cendikia. Peran guru membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Masa depan anak bangsa terletak di pundak guru.

Mengikuti kegiatan peringatan Hari Guru Nasional akan menjadi pembangkit semangat dan kinerja para guru.

Guru nyaris terlalu sibuk dengan tugas dan tanggung jawabnya. Selain mengajar sekian jam pelajaran, tugas tambahan dan tugas lainnya.

Guru juga disibukkan dengan administrasi tugas sebagai guru. Mengikuti kegiatan pengembangan profesi guru. Mulai dari mengikuti seminar dan pelatihan secara online maupun offline.

Ada lagi laporan dalam berbagai aplikasi yang harus diisi dan dikerjakan dalam batas waktu yang kadangkala mendesak.

Meskipun demikian kita berharap, siswa sebagai objek sekaligus subjek pendidikan, tidak terabaikan karena kesibukan yang ada.

Siswa yang sering tidak belajar bersama guru di sekolah tentu perlu mendapat perhatian guru. Ini adalah termasuk alasan mengapa siswa malas belajar di sekolah.

Semoga hikmah peringatan Hari Guru Nasional ke-78 Tahun 2023 menjadi wahana koreksi sekaligus introspeksi diri bagi guru.

Semoga guru Indonesia semakin kuat dan tangguh dalam menyongsong masa depan pendidikan yang lebih cerah.

Selamat Hari Guru Nasional ke-78 Tahun 2023.***