Peringatan Hari Guru Nasional 2023

Peringatan hari guru nasional 2023 - Hari Guru Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 November. Tahun 2023 ini, pemerintah melalui Kemendikbud Ristek telah mengeluarkan surat edaran tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2023.

Logo Hari Guru Nasional 2023 (detik.com)

Dalam Surat Edaran Kemendikbud RI Nomor 36927/MPK.A/TU.02.03/2023 Tentang Peringatan Hari Guru Nasional telah diatur kegiatan upacara. 

Upacara bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023 diadakan Sabtu, 25 November 2023 mulai pukul 08.00 Wib di tempat yang telah disepakati panitia penyelenggara.

Yang menarik salah satunya adalah pakaian seragam upacara bendera. Guru mengenakan pakaian adat tradisional sesuai norma kepantasan.

Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia perlu terus melestarikan budaya pakaian adat tradisional agar tidak hilang di tengah kemajuan budaya global.

Menghormati guru

Hari Guru Nasional 2023 mengusung tema Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar.

Peringatan Hari Guru Nasional atau HUT PGRI setiap tahun pada hakikatnya mengingatkan bangsa Indonesia untuk menghormati dan menghargai jasa para guru.

Berbagai bentuk kegiatan dalam mewujudkan tujuan tersebut pun diadakan. Para murid di lembaga pendidikan sekolah mengadakan kegiatan seperti pemberian bunga, kata-kata ucapan terima kasih, lomba dan lain sebagainya.

Selain upacara bendera, para siswa dibawah naungan Osis ikut merayakan peringatan HUT PGRI. Kolaborasi Osis akan menciptakan momentum unik dan menarik dalam bentuk acara sederhana.

Lomba joget dangdut, tepung estafet, membawa kelereng dan lain sebagainya. Itu hanyalah beberapa jenis lomba yang lazim diadakan saat perayaan Hari Guru Nasional.

Sesederhana pun lomba yang digelar Osis tentu saja sangat berarti sebagai wujud apresiasi dan terima kasih kepada para guru.

Menghormati guru termasuk bagian dari upaya memuliakan guru. Memuliakan guru adalah ajakan moral yang didengungkan sejak dulu kala. Bahkan dalam sebuah hadist ditemukan, "Muliakanlah orang yang telah kamu belajar darinya." (HR Abul Hasan Al-Mawardi).

Selamat Hari Guru Nasional 2023.***