Bupati Tanah Datar Buka Seminar Guru di UIN Mahmud Yunus Batusangkar

Bupati tanah datar buka seminar guru di UIN Mahmud Yunus Batusangkar - Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Drs. Iqbal Ramadi Payana MSi, membuka seminar guru batch 2 di Auditorium Kampus II UIN Mahmud Yunus di Pariangan Tanah Datar, Senin (20/11/23). Seminar Guru dengan tema "The Power of Spiritual Mindset Tahun 2024".

Sekda Tanah Datar membuka Seminar Guru di Auditorium Kampus II UIN Mahmud Yunus Batusangkar (Matrapendidikan.id)

Guru Menjadi Penentu Kemajuan Suatu Negara di Masa Depan Batch 2 diselenggarakan oleh Padang TV dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tanah Datar.

Hadir dalam Open Ceremony seminar guru adalah pimpinan padang tv diwakili Defri Mulyadi.

Seminar Guru diikuti oleh 800-an guru mulai dari jenjang SD, SLTP dan SLTA di kabupaten Luhak nan Tuo.

Sementara itu narasumber seminar guru adalah Prof. Dr. Rahadian Z, SPd MSi dari Universitas Negeri Padang dan Hendri Bayu ST, motivator dari Inner Drive.

Inhendri Abbas melaporkan penyelenggarakan Seminar Guru The Power of Spiritual Mindset Batch 2 (Matrapendidikan.id)

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Inhendri Abbas SPd.MM Dt. Rajo Tan Basa mengatakan latar belakang seminar guru ini.

"Seminar ini bertujuan untuk membangun wawasan dan kompetensi guru di Kabupaten Tanah Datar. Dengan wawasan dan kompetensi ini diharapkan para guru dapat mengajak, membangun peserta didik yang tidak hanya pintar namun memiliki karakter yang mampu mengatasi masalah kehidupan sehari-hari," ujar Dt. Rajo Tan Basa.

Pada bagian lain Kadinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Tanah Datar mengatakan perkembangan informasi dan teknologi semakin pesat.

Para guru peserta seminar guru (dok.smpn2lb/ Matrapendidikan.id)

"Jangan sampai para guru sempat tertinggal oleh siswa yang juga belajar dari robot mesin pencari," tandas Inhendri Abbas SPd.MM.

Sementara itu, Sekda Tanah Datar sebelum membuka seminar guru menyampaikan seminar guru untuk menambah semangat mengajar dalam mempersiapkan masa depan bangsa.

Tanah Datar selalu meningkatkan kualitas guru sehingga muncul komunitas guru seperti guru penggerak.

Guru berusaha mengembangkan diri dengan belajar dan seminar ini bertujuan mengembangkan wawasan dan kompetensi.

Kemampuan guru juga dipengaruhi oleh keterampilan publick speaking. Mengajar dengan penuh perhatian, sabar, ikhlas dan tidak marah,, dasar pola pikir dan karakter kepada siswa.***