5 Pelajaran Dari Kisah Nabi Khidir As

5 Pelajaran dari kisah nabi khidir as - Suatu malam Nabi Khidir AS bermimpi mendapat perintah dari Allah SWT. "Jika ingin mendapat ridha Allah SWT ia harus keluar rumah pada waktu paginya menghala ke barat."

Wali kelas 8.A Yosi Ismarina SPd (Matrapendidikan.com)

Demikian Yosi Ismarina SPd, wali kelas 8.A SMPN 2 Lintau Buo Kab. Tanah Datar memulai bercerita tentang kisah Nabi Khidir As dan 5 pelajaran luar biasa dari nabi Allah SWT tersebut, Jumat (25/08/23).

Kelas 8.A menjadi pelaksana kegiatan Muhadharah rutin Jumat itu. Ceramah putra oleh Alif dan ceramah putri oleh Angel Pratama Putri.

“Engkau juga dikehendaki berbuat, pertama apa yang engkau lihat (hadapi) maka makanlah, kedua engkau sembunyikan, ketiga engkau terimalah, keempat jangan engkau putuskan harapan, dan yang kelima larilah engkau daripadanya.” ujar Yosi melanjutkan dengan mengutip kisah Nabi Khidir As dalam Jurnal 1001 Kisah Teladan Muslim.

Wali kelas 8.A itu menceritakan kisah perjalanan Nabi Khidir As dalam melakukan perintah Allah SWT melalui mimpinya. 

Nabi Khidir As ternyata dapat melakukan semua perintah Allah SWT melalui mimpi tersebut.

"Apa hikmah pelajaran dibalik kisah yang ibuk ceritakan tadi?" tanya Yosi Ismarina SPd beretorika.

Nabi Khidir As dapat melakukan ke 5 perintah Allah SWT dalam mimpinya. Maka pelajaran luar biasa dari perintah Allah SWT kepada Nabi Khidir As adalah:

1.Amarah

Amarah yang besar akan menjadi kecil bila sabar menahannya. Dan hal itu akan berbuah manis daripada madu.

2.Amal kebaikan

Amal kebaikan (budi) disembunyikan akan nampak juga. Orang yang berbuat baik akan terlihat juga lambat laun oleh orang lain.

3.Amanah

Jangan berkhianat terhadap amanah yang diterima. Sebagai siswa diamanahkan oleh orangtua untuk belajar. Pegang amanah tersebut erat-erat.

4.Membantu

Berusaha membantu teman  meskipun dalam kesulitan. 

5.Ghibah

Bau yang busuk dalam kisah Nabi Khidir As adalah seumpama ghibah atau menceritakan seseorang. Maka berusahalah untuk menghindarinya.***