Tim Projek P5 Sekolah Susun Program dan Jadwal Kegiatan

Tim projek p5 sekolah susun program dan jadwal kegiatan - Pendidik yang tergabung dalam tim Projek P5 di SMPN 2 Lintau Buo menyusun jadwal kegiatan pembelajaran. Penyusunan jadwal kegiatan projek P5 dilakukan dalam rapat kerja setengah hari bertempat di ruang Labor IPA, Selasa (18/7/23).

Fasilitator P5 berdiskusi dalam penyusunan program dan jadwal kegiatan (Syaf/ Matrapendidikan.id)

Rapat kerja khusus yang diikuti oleh wali kelas, fasilitator P5 dan guru BK tersebut dipimpin oleh Koordinator Tim P5 Isral SPd.

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd dalam arahannya mengharapkan program dan jadwal kegiatan projek P5 tuntas di minggu kedua Tahun Ajaran 2023/2024 ini.

"Sehingga kegiatan projek P5 sudah siap dan dapat dimulai minggu depan," ujar kepala sekolah.

Rapat kerja penyusunan program dan jadwal pelaksanaan P5 sekitar setengah hari itu berhasil merumuskan blueprint projek P5 pada tahun ajaran 2023/2024.

Sekolah menerapkan dua tingkat kelas Kurikulum Merdeka dan projek P5.

Untuk kelas 7 memilih 3 tema projek P5 Kewirausahaan, Bangunlah jiwa dan raganya serta Kearifan lokal.

Sementara itu kelas 8 menetapkan tema projek P5 Rekayasa Berteknologi untuk negara NKRI, Suara demokrasi dan Bhinneka tunggal ika.

Setiap tema projek tersebut berlangsung dalam rentang waktu 4 bulan. 

Penyusunan jadwal projek 5 menggunakan sistem harian. Penyusunan jadwal projek dikelola oleh Waka Kurikulum Ropi'u SPd.

Projek P5 ditempatkan diakhir jam pelajaran intrakurikuler hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Sabtu masing-masing 2 jp.

Dari 2 tingkat kelas yang mengikuti pembelajaran ko-kurikuler P5 terdapat 6 kelas yang akan mengikuti pembelajaran ko-kurikuler P5 tersebut.

Setiap kelas akan didampingi oleh 2 fasilitator yang bertugas dari awal sampai berakhirnya satu tema projek.

Pendampingan oleh fasilitator menerapkan sistem yang mirip dengan sistem guru kelas di sekolah dasar. Hanya saja, pendampingan dilakukan oleh 2 orang fasilitator.

Pada akhir tahun ajaran akan diselenggarakan pameran produk setiap tema projek P5 sekaligus laporan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan projek P5.***