Menyikapi Pembatasan Penayangan Jumlah Iklan Oleh Google

Menyikapi pembatasan penayangan jumlah iklan oleh google - Akhir Juni lalu blog yang sedang Anda kunjungi ini tampil dengan iklan kosong alias blank. Pasalnya, google mendeteksi adanya invalid traffic (trafik tidak valid) pada blog ini sehingga berakibat pada pembatasan jumlah iklan.

Ilustrasi gambar (freepik.com)

Hal itu sudah dibahas dalam artikel sebelumnya dibawah judul Pembatasan Tayangan Iklan pada Situs Karena Trafik Tidak Valid 

Alhamdulillah minggu pertama Juli kemaren sudah bisa tampil. Oleh sebab itu kami membagikan pengalaman pembatasan penayangan iklan kepada pembaca yang budiman.

A.Sanksi terhadap penayang iklan

Jika iklan tidak muncul alias blank pada halaman situs penayang dan tidak bisa loggin berarti akun penayang iklan (publisher) adsense sudah ditutup alias kena baned.

Penayang iklan adsense, dipastikan sudah melakukan pelanggaran 'berat' terhadap kebijakan program adsense.

Rupanya publisher adsense juga diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan atas pelanggaran kebijakan program adsense.

Iklan tidak ditayangkan namun masih bisa login ke akun adsense. Sekaligus publisher dapat membaca notifikasi masalah pembatasan tayangan iklan pada blog.

Hal ini berarti pihak google adsense masih punya toleransi terhadap publisher. Pembatasan jumlah tayangan iklan merupakan bentuk toleransi pihak google adsense tersebut.

Jadi, pelanggaran terhadap kebijakan program adsense akan berakibat pada sanksi berupa pembatasan penayangan iklan, penangguhan akun dan penutupan akun.

B.Menyikapi pembatasan penayangan iklan 

Berdasarkan notifikasi pada akun adsense, pembatasan jumlah tayangan iklan pada blog terjadi karena invalid traffic (trafik tidak valid).

Sebagai publisher adsense yang patuh pada program kebijakan adsense sudah berusaha untuk ikut memelihara ekosistim periklanan.

Namun tanpa sepengetahuan publiher, ternyata terdeteksi oleh google telah terjadi pelanggaran kebijakan, termasuk invalid traffic.

Tentu saja pelanggaran ini diperkirakan dipicu oleh pihak lain dengan motif tertentu.

Pembatasan penayangan jumlah iklan oleh google perlu disikapi dengan proaktif.

Seperti diketahui pihak google telah berkomitmen dalam menjaga ekosistem periklanan. Komitmen ini bertujuan untuk melindungi advertiser, publisher dan pengguna dari kecurangan dan pengalan iklan yang buruk.

Menyikapi hal ini google melakukan antisipasi dengan pembatasan jumlah iklan, penangguhan akun adsense sampai pada penutupan atau penonaktifan akun adsense.

Pembatasan terhadap tayangan iklan seperti yang diberitahu oleh google bersifat sementara. Ini tentu cukup melegakan para publisher yang terkena pembatasan penayangan iklan pada situs penayang.

Artinya, pihak google memberikan toleransi untuk membenahi performa situs.

Pihak google akan melakukan pemantauan terhadap akun dan performa situs penayang.

Oleh sebab itu perlu evaluasi kualitas trafik pengunjung situs. Kenapa google mendeteksi trafik tidak valid pada akun adsense 

C.Evaluasi dan tindaklanjut trafik tidak valid

Google telah mendeteksi adanya trafik tidak valid pada akun adsense penayang iklan. Oleh sebab itu google akan memantau perkembangan trafik pengunjung blog.

Disamping itu google juga memberikan arahan tindakan yang dapat dilakukan terhadap masalah kebijakan trafik tidak valid.

Seperti yang ditekankan google, pembatasan penayangan iklan masalah trafik tidak valid lebih kurang 30 hari dan bisa lebih cepat serta dalam beberapa kasus dapat memakan waktu lebih lama.

Lalu, apa evaluasi dan tindaklanjut dari publisher adsense?

1.Terus mengupdate konten 

Terus mengupdate konten adalah langkah tepat. 

2.Melepas script iklan adsense pada blog atau memasang satu unit iklan.

3.Membangun sumber trafik alami, pengunjung yang berasal dari mesin pencari (search engine) seperti google, bing, yahoo, yandex dan lain sebagainya.

4.Meningkatkan trafik pengunjung blog melalui pemusatan kata kunci (keyword) konten.

5.Memperbaharui konten lama yang ada di blog.

Diketahui bahwa google secara otomatis mereview dan memperbaharui pembatasan penayangan iklan. 

Oleh sebab itu sebagai penayang iklan adsense berharap agar pembatasan penayangan jumlah iklan pada akun adsense benar-benar telah berakhir dan iklan tampil optimal pada blog.***