Festival Selaju Sampan 2023 Nagari Tigo Jangko Segera Akan Digelar

Festival selaju sampan 2023 nagari tigo jangko segera akan digelar – Setelah sukses dengan Selaju Sampan Tahun 2022 lalu, Anak Nagari Tigo Jangko Lintau Buo Kab. Tanah Datar Sumbar kembali akan menggelar festival serupa di Tobek Panjang, 24 dan 25 April 2023 mendatang.

Festival Selaju Sampan 2022 lalu di Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko (dok.panitia2022/ Matrapendidikan.id)

Festival tahunan anak nagari tersebut merupakan bagian dari Agenda Satu Nagari Satu Event 2023 Pemda Tanah Datar di Nagari Tigo Jangko.

“Kali ini festival kita agak berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatannya diperluas...“ ujar Ronaldi Kasman, ketua pelaksana festival kepada Admin Matrapendidikan.com saat bincang ringan, Sabtu lalu (8/4/23) di Koto Panjang Nagari Tigo Jangko.

Ronaldi Kasman yang juga owner Lintau Sejati Homestay ini merinci, festival ini juga dimeriahkan dengan kegiatan 1000 Anggik, Rakik Botuang dan Bakaua.

Sampai saat ini kata Ronaldi, para anak Nagari Tigo Jangko masih berjibaku mempersiapkan Festival tahunan di Tobek Panjang.

Festival Alek Nagari Selaju Sampan di Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko 2023 juga dalam rangka promosi program pesona wisata destinasi di Kabupaten Tanah Datar.

Seperti diketahui, Program Unggulan (Progul) Pemkab Tanah Datar bidang pariwisata, Satu Nagari Satu Event (One Village One Event 2023 sudah dimulai bulan Maret lalu.

Pesona Tabek Loweh Nagari Parambahan Lima Kaum menjadi pembuka Program Satu Nagari Satu Event 2023.

Selanjutnya, usai bulan puasa Ramadhan 1444 H, di ujung bulan April 2023, Nagari Tigo Jangko akan menggelar Festival Selaju Sampan di Tobek Panjang.

Berikutnya masih di ujung April 2023, Sepekan Alek Nagari Andaleh Nagari Baruh Bukit Sungayang, Pesona Kacang Barandang Sawah Tangah Pariangan, Pagaruyung Islamic Art Festival, Sungayang Mangiak Olek Nagari Sungayang dan Pacu Kuda di Bukit Gombak.***