5 Tips Ampuh Menabung Untuk Anak Kost

5 Tips ampuh menabung anak kost -Sebagai anak kost yang hidup terpisah dari orangtua, maka perlu sekali untuk menerapkan pola menabung agar bisa menghemat uang bulanan yang dikirim hingga akhir bulan.

Ilustrasi gambar (freepik.com)

Apalagi untuk anak kos yang masih berstatus mahasiswa, pastinya memiliki kebutuhan yang beragam dan pengeluaran yang banyak. Mulai dari biaya kehidupan sehari-hari, chaeout barang online, nongkrong, shopping hingga biaya kebutuhan tugas kuliah, semuanya pasti tidak terhitung murah dan pastinya terhitung cukup mahal.

Kegiatan menabung bukanlah hal yang baru karena saat kita kecil pastinya sudah diajari untuk menabung dan menghemat uang.

Akan tetapi, seiring beranjak dewasa, hal semacam menabung bisa jadi hal sulit untuk dilakukan.

Alasannya adalah karena uang yang didapatkan akan digunakan untuk kegiatan yang mungkin kurang besar manfaat contohnya sering nongkrong dan hal-hal yang tidak bermanfaat contohnya membeli suatu hal yang hanya terlihat lucu/menarik yang kita sendiri belum tau kegunaannya untuk apa.

Meskipun demikian, bukannya hal yang mustahil untuk menerapkan kebiasaan ini.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar kita bisa menabung dan digunakan dalam keadaaan darurat.

1.Menjatah uang perhari

Agar keuangan tetap terjaga pengeluarannya maka kita harus melakukan penjatahan perharinya.

Kita boleh mencatat terlebih dahulu dalam satu hari biasanya kita mengeluarkan uang untuk apa saja, jumlahkan, nominalnya, maka sejumlah nominal tersebut yang jadi jatah mu perhari.

Kurangi keinginan untuk bermewah-mewah dan berfoya-foya karena selama jauh dari orang tua kamulah yang bertanggung jawab terhadap keuanganmu.

2.Memasak

Selama menjadi anak kos, kita harus terbiasa untuk menyediakan makanan sendiri.

Memasak akan membuat uang saku semakin terjaga, selain itu kita bisa makan sepuasnya jika memasak sendiri.

Jika kost tidak menyediakan dapur untuk memasak, manfaatkanlah rice cooker yang kita punya. Selain untuk memasak nasi, kita juga bisa memasak telur, mie instan, nasi goreng,dan berbagi macam tumis seperti tumis sosis/pentol basko, tumis kacang panjang dll.

3.Kurangi foya-foya

Apabila kita semasa sekolah bisa membeli sesuatu yang kita inginkan tanpa memikirkan uang, rupanya kalau nge-kost kita harus stop kebiasaan buruk itu.

Kurangi foya-foya dan jangan sering mengiyakan ajakan teman yang mungkin akan melakukan kegiatan yang mengeluarkan uang banyak. Mulailah berhemat dan menabung apabila ada keadaan darurat .

4.Mengumpulkan uang receh

Membeli suatu barang dengan pecahan uang besar biasanya akan menyisakan pecahan uang yang lebih kecil seperti recehan uang logam.

Sebagai langkah awal yang mudah dalam menabung, maka menyimpan setiap kembalian sehabis belanja menjadi hal yang disarankan.

Meskipun memiliki nominal yang kecil, apabila bisa dengan tekun mengumpulkan uang receh ini dalam jangka lama, maka akan bisa menghasilkan jumlah uang yang lumayan besar.

5.Kerja part-time

Cara mengelola keuangan anak kos yang kelima dengan mencari pendapatan tambahan melalui part-time job.

Selain untuk mengisi waktu luang dan menambah saldo tabungan bulanan, kerja part-time juga berguna untuk meningkatkan skill dalam dunia kerja.

Bahkan, kita juga bisa membangun relasi dari kerja part-time yang kita sendiri jalani.

Terlebih jika kita adalah seorang mahasiswa, memanfaatkan waktu di sela-sela perkuliahan dengan melakukan kerja part-time dapat meningkatkan produktivitas.

Hal ini tentu saja harus dilakukan dengan catatan, kerja part-time tersebut tidak mengganggu perkuliahan dan menghalangi kita untuk bersosialisasi dengan rekan-rekan sebaya.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa aku share agar teman-teman sekalian bisa tetap produktif menabung sebagai anak kost.

Bukan jadi suatu halangan untuk menabung dan berhemat meskipun kita anak kos

Tetaplah menabung sedikit apapun uang yang kita sisihkan dan berapapun uang nya pasti suatu hari akan terpakai dan berguna bagi kita.*** (Oleh : Beta Ayu Marsela, Mahasiswa Universitas Sebelas Maret)