Peran Ibu dalam Pendidikan Anak

Peran ibu dalam pendidikan anak – Tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu di Indonesia. Sehubungan dengan itu pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) telah meluncurkan tema Peringatan Hari Ibu (PHI) yang ke-94 Tahun 2022, Perempuan Berdaya Indonesia Maju.

Ilustrasi gambar (pixabay.com)

Kemajuan suatu bangsa diakui tidak lepas dari sumber daya manusia yang dimiliki bangsa itu. Negara-negara maju di muka bumi memiliki sumber daya manusia yang unggul.

Keunggulan sumber daya manusia, salahsatunya dipengaruhi oleh pendidikan. Artinya, kemajuan suatu bangsa di dunia ditentukan oleh kemajuan di bidang pendidikan.

Hal itu kiranya tidak lepas dari peran lembaga pendidikan dan dukungan para orangtua, terutama ibu.

Peran seorang ibu sangat penting dalam mendidik anak. Peran itu justru telah dimulai sejak anak di dalam kandungan.

Hal itu menunjukkan peran ibu bersifat kompleks dan berkelanjutan.

Ibu, sejak dini telah menanamkan nilai-nilai karakter baik pada anak. Karakter baik menjadi landasan kuat dalam pembentukan kepribadian anak.

Penanaman karakter dilengkapi dengan kedekatan hubungan  batin dan kasih sayang antara ibu dan anak, sejak anak masih dalam rahim.

Peran ibu berkelanjutan setelah anak dilahirkan. Kedekatan ibu dengan anak menjadi kesempatan baik untuk mengembangkan nilai-nilai karakter, pengetahuan dan keterampilan dasar pada anak.

Ketika anak sudah memasuki dunia pendidikan di lembaga sekolah, peran seorang ibu masih belum tergantikan. 

Pendidikan di lingkungan keluarga yang dilakukan ibu menjadi basis pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik anak.

Begitu pentingnya peran ibu dalam pendidikan anak. Sehingga upaya memberdayakan peran perempuan terutama ibu berarti menciptakan langkah strategis dalam memajukan bangsa. Selamat Hari Ibu.***