Mau Tahu Khasiat Daun Binahong? Ini Dia!

Mau tahu khasiat daun binahong? Ini dia - Haloo semuanya. Ada yang tau daun binahong itu apa dan seperti apa? Nah, kebetulan nih, aku akan kasih tahu kalian apa sih daun binahong itu? Bagaimana sih bentuknya? Apakah dia bermanfaat?. Kalian penasaran kan? Ayok simak artikel ini.

Ilustrasi gambar (pexels.com)

Binahong merupakan jenis tanaman yang berwarna hijau. Daun binahong ini hampir mirip dengan daun sirih namun bedanya daun binahong ini batangnya berwarna merah dan lebar daunnya juga kecil, daun binahong ini juga tumbuhnya merambat, tanaman ini biasanya tumbuh di daerah dataran renda atau dataran tinggi.

Kalian tahu tidak, ternyata daun binahong ini bukan hanya tanaman atau daun biasa saja, tetapi daun binahong ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat.

Ada saja sih khasiat yang dimiliki oleh daun binahong? Nah akan aku jelaskan dibawah ini.

Dari pengalaman keluargaku yang sering memanfaatkan daun binahong ini untuk obat penawar, bahkan orangtuaku menanam daun binahong di kebun karena khasiatnya yang luar biasa.

Ini dia beberapa khasiat daun binahong, dan ini juga merupakan pengalaman keluargaku dalam memanfaatkan daun binahong. 

Untuk Menyembuhkan Luka

Dari buku yang saya baca, daun binahong ini memiliki kandungan flavonoid, saponin dan taninnya, untuk membantu mempercepat menyembuhkan luka.

Sesuai dengan pengalaman ku dan keluarga, jika kami terluka kami akan menggunakan binahong sebagai obat penawar. 

Selain itu juga binahong dapat mengeringkan luka dengan cepat. Lalu bagaimana cara pengaplikasiannya?

Penggunaannya sangat simpel, hanya dengan mencuci bersih daun lontar, kemudian tumbuk atau haluskan daun lontar hingga halus dan mengeluarkan lendir, lalu oleskan pada kulit atau bagian tubuh yang terluka.

Mengobati Asam Urat

Siapa yang di sini punya penyakit asam urat? Yap, jangan khawatir kalian tidak perlu memakan obat-obatan, ibu saya memiliki asam urat, tetapi tenang saja ibu saya selalu mengonsumsi daun binahong, dengan memblendernya dan di campur dengan sayuran yang membuat sehat.

Kalian pasti bertanya, apakah benar daun binahong dapat menyembuhkan asam urat? Seperti yang sudah saya bilang diatasi tadi, daun binahong memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid ini dapat menghambat pembentukan asam urat.

Obat Gatal

Dulu sewaktu kecil aku sering sekali merasa gatal di bagian tangan, dan ibuku selalu mengobati gatalku dengan mengoleskan daun binahong yang sudah di haluskan.

Kenapa daun binahong dapat menyembuhkan luka? Karena seperti yang saya baca di buku, daun binahong ini memiliki kandungan Flavonoid dan saponin yang memiliki sifat antijamur. Maka dari itu gatal karena iritasi dapat di cegah dengan memanfaatkan daun binahong.

Obat Jerawat

Daun binahong ini, selain untuk obat medis dia juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Jika sedang memiliki masalah jerawat pada wajah, saya biasanya memanfaatkan daun binahong ini.

Bagaimana caranya? Seperti biasa hanya dengan mencuci bersih daunnya lalu ditumbuk sampai halus lalu jadikan masker ratakan pada wajah dan seperti memakai masker biasanya, tunggu 1 menit lalu bilas.

Nah, temen-temen itu dia beberapa khasiat yang daun lontar punya. Daun binahong memang memiliki segudang khasiat, akan tetapi bukan berarti daun binahong ini sepenuhnya aman untuk digunakan, semua obat atau penawar apapun itu pasti memiliki efek sampingnya.

Oleh karena itu, jika kalian ingin memanfaatkan daun lontar ini kalian bisa konsultasi terlebih dahulu. Jangan asal pakai!***(Oleh : Nabila Yustiani)