Optimisme Masyarakat Nagari Tigo Jangko Masuk Program ONOE dan Kalender Wisata Tanah Datar 2023

Optimisme nagari tigo jangko masuk program onoe dan kalender wisata tanah datar 2023 – Iven wisata budaya Pacu Perahu di Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko Lintau Buo Kab. Tanah Datar Sumbar telah dimulai. Olahraga dan budaya berselaju sampan ini dibuka langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra SE MM, Selasa (3/5)22) dan akan berlangsung sampai 13 Mei 2022.

Ada satu hal menarik yang dicermati ketika Open of  Ceremony Pacu Perahu di Tobek Panjang.

Keinginan masyarakat agar Nagari Tigo Jangko masuk Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Iven atau One Nagari One Event (ONOE) dan masuk Kalender Wisata Tanah Datar Tahun 2023!

Progul Tanah Datar 

Seperti sudah diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar telah meluncurkan Program Unggulan (Progul) Tanah Datar 2021-2026.

Ada beberapa butir program unggulan yang telah dikaji dan dirumuskan di kabupaten Luhan Nan Tuo 

Salah satu butir Progul Tanah Datar adalah Program Satu Nagari Satu Iven atau One Nagari One Event (ONOE).

Program ini kiranya sangat berpotensi mengakomodasi berbagai aspek kehidupan masyarakat di Luhak Nan Tuo.

Hal ini diketahui melalui tujuan yang hendak diwujudkan melalui Program ONOE yaitu untuk menunjang ekonomi kreatif, pelestarian kebudayaan, memajukan olahraga dan produk nagari.

Tahun 2022 ini sudah 14 Nagari yang telah melaksanakan Program Satu Nagari Satu Iven.

Nagari yang telah melaksanakan program unggulan tersebut telah mendapat bantuan 50 juta rupiah per nagari dari pemerintah daerah.

Progul ONOE berangkat dari asumsi bahwa setiap nagari di kabupaten Tanah Datar memiliki potensi kearifan lokal.

Potensi ini akan digali melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis), sanggar kesenian, kerajinan anak nagari, permainan anak nagari, klub olahraga dan usaha kecil dan menengah (UMKM).

Kans nagari tigo jangko

Bagaimana kans Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo?

Lebih aktual lagi, apakah Iven Pacu Perahu di Tobek Panjang bisa masuk Program ONOE sekaligus Kalender Wisata Tanah Datar Tahun 2023?

Masyarakat Nagari Tigo Jangko tentu memiliki optimisme yang tinggi akan terwujudnya keinginan tersebut. 

Bukan sekadar optimis tentunya! Banyak faktor pendukung terwujudnya keinginan iven Pacu Perahu masuk Program ONOE dan Kalender Wisata Tanah Datar Tahun 2023 mendatang.

1.Budaya sejak dulu

Seperti yang dilaporkan Herman Fitri, ketua panitia penyelenggara iven pacu perahu tahun 2022, iven berselaju sampan ini sudah berlangsung sejak tahun 1970.

Hanya saja penyelenggaraannya agak tersendat karena musim kekeringan dan terakhir akibat pandemi Covid-19.

2.Fasilitas, sarana dan prasarana

Tobek Panjang dengan panjang lintasan pacu perahu 250 meter, boleh dikatakan cukup komprehensif sebagai destinasi wisata air.

Berpacu di lintasan dan berpetualang mengelilingi Tobek Panjang! Itu ajang utama destinasi wisata air di Tobek Panjang.

Sementara itu debit air juga sudah memadai, lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

Selain itu juga sudah dilengkapi dengan wahana dan fasilitas memenuhi syarat sebagai penyelenggaraan sebuah iven pacu perahu.

Begitu pula untuk berperahu ria sebagai hiburan.

3.Dukungan masyarakat dan pemnag

Pemuda dan masyarakat di Nagari Tigo Jangko mendukung penuh jika Iven Wisata Pacu Perahu masuk Program ONOE dan Kalender Wisata Tanah Datar Tahun 2023.

Pemerintah Nagari (Pemnag) Tigo Jangko melalui Wali Nagari Mustafa Kamal Dt. Incek Gagah menyatakan akan mendukung sepenuhnya iven Pacu Perahu di Tobek Panjang.

Tidak hanya masyarakat di kampung halaman, warga Tigo Jangko di perantauan juga ikut mendukung iven Pacu Perahu sebagainana disampaikan Yusrizal atau lebih populer dipanggil YSL.

4.Fasilitasi dan lobi wakil rakyat

Jefri Masrul SE dan Asrul Jusan merupakan dua putra Nagari Tigo Jangko yang saat ini menjadi wakil rakyat di DPRD.

Jefri Masrul SE, putra pengusaha H.Masrul Yakin Dt. Paduko Kayo secara gamblang akan memfasilitasi upaya menjadikan Iven Wisata Pacu Perahu di Tobek Panjang masuk Program ONOE.

“Apalagi disini, di Tobek Panjang ini menjadi tempat mandi-mandi saya sewaktu kecil,” kenang Anggota DPRD Sumbar saat memberikan sambutan.

Fasilitasi dan lobi ini juga akan dilakukan oleh Asrul Jusan, Anggota DPRD Tanah Datar.

Dua putra 'Tobek Panjang' Tigo Jangko ini akan semaksimal untuk memfasilitasi terwujudnya keinginan masyarakat untuk masuk Program ONOE dan Kalender Wisata Tanah Datar 2023.

Pembenahan tobek panjang

Optimisme masyarakat Nagari Tigo Jangko cukup tinggi terhadap Program ONOE dan Kalender Wisata Tanah Datar Tahun 2023.

Namun demikian perlu diiringi dengan upaya pembenahan struktur dan infrastruktur Tobek Panjang.

Pembenahan disana-sini perlu ditindaklanjuti setelah dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan iven wisata Pacu Perahu.

Bupati Tanah Datar Eka Putra pun telah memberikan masukan agar Iven Wisata Pacu Perahu Tobek Panjang masuk Program dan Kalender Wisata Tanah Datar.

Manajemen iven agar lebih profesional, pengelolaan pedagang kecil di area wisata serta penataan fasilitas penunjang seperti toilet, tempat ibadah dan parkir kendaraan.

Selain itu koordinasi dengan instansi terkait perlu diintensifkan. Promosi pun harus gencar di berbagai media agar terkenal sebagai objek wisata dan iven pacu perahu.

“Promosikan melalui media yang ada dengan kemasan gambar dan video yang menarik di berbagai media yang ada,” ujar Eka Putra SE MM memberikan tips saat membuka Iven Pacu Perahu.

So, kerja sama dan sinergisitas semua unsur dan lapisan masyarakat akan menjadi salah satu dasar yang kokoh dalam mewujudkan keinginan masyarakat Nagari Tigo Jangko untuk masuk Program ONOE dan Kalender Wisata di Kabupaten Tanah Datar Tahun 2023.

Semoga terwujud.***