Pemuda Tigo Jangko Lintau Buo Akan Gelar Iven Selaju Sampan di Tobek Panjang

Pemuda tigo jangko lintau buo akan gelar iven selaju sampan di Tobek Panjang – Ikatan Pemuda Tigo Jangko (IPTJ) Lintau Buo, Kab. Tanah Datar, Sumbar akan menggelar Festival Anak Nagari Selaju Sampan (FANS2) usai bulan puasa Ramadhan 1443 H ini.

Demikian informasi yang diperoleh matrapendidikan.com dari pemuda Tigo Jangko, Minggu malam (17/4/22).

Iven selaju sampan atau disebut juga pacu perahu ini akan digelar di Tobek Panjang Nagari Tigo Jangko Lintau Buo, Kab. Tanah Datar.

“Festival Anak Nagari Selaju Sampan Nagari Tigo Jangko 2022 ini direncanakan akan dimulai pada hari kedua lebaran Idul Fitri, pak...” tulis Trio Aulia Jeni via messenger.

Roni Filkadri juga menginfokan bahwa saat ini para pemuda sedang mempersiapkan segala fasilitas dan sarana prasarana acara selaju sampan.

“Tiap sore pemuda bergotong-royong di arena pacu perahu untuk mempersiapkan segala sesuatunya,” tulis Roni.

Sementara itu berdasarkan penelusuran matrapendidikan.com, iven selaju sampan ini sempat terhenti 4 tahun.

Terakhir iven wisata edukasi ini diselenggarakan tahun 2018 lalu.

Debit air Tobek Panjang dan Pandemi Covid-19, antara lain menjadi penyebab terhentinya iven pacu perahu tersebut.

Namun pada lebaran tahun ini kendala tersebut dapat diatasi serta kesepakatan pemuda Tigo Jangko dan dukungan semua pihak untuk menyelenggarakan FANS2.

Dengan diselenggarakannya iven pacu perahu ini akan mengobati kerinduan masyarakat Nagari Tigo Jangko, baik di kampung halaman maupun perantauan pada ajang selaju sampan ini.***