Berbagi Takjil Mengejar Berkah Ramadhan di SMPN 2 Lintau Buo

Berbagi takjil mengejar berkah ramadhan di SMPN 2 Lintau Buo – Bulan Ramadhan banyak memiliki keistimewaan. Diantara banyak keistimewaan itu, salahsatunya adalah bulan penuh berkah. Oleh sebab itu, program berbagi takjil menjadi cara untuk belajar sekaligus mengejar berkah di bulan Ramadhan.

Program berbagi takjil di SMPN 2 Lintau Buo digelar oleh Osis. Kegiatan berbagi takjil ini ditujukan kepada pengguna jalan raya di depan gerbang sekolah setempat, Sabtu (16/4/22).

Ada sekitar 70 paket takjil yang dibagikan kepada pengguna jalan raya terutama dari arah Tigo Jangko menuju Simpang Sitangkai Nagari Taluk.

Paket takjil tersebut merupakan sumbangan siswa SMPN 2 Lintau Buo yang dikumpulkan sejak HPS bulan puasa Ramadhan.

Membagikan takjil kepada pengguna jalan raya memerlukan semacam etika dan tata cara tertentu.

Pembina Osis Edy Samsul didampingi Kepala SMPN 2 Lintau Buo, Syafrida SPd nemberikan pencerahan sekaligus memperagakan tata cara membagikan takjil.

“Tahap awal ini pembagian takjil kepada pengguna jalan raya khususnya roda dua dengan jalur satu arah dari Tigo Jangko menuju Simpang Sitangkai,” ujar pembina Osis kepada matrapendidikan.com

Meskipun belajar berbagi mengejar berkah Ramadhan, lanjut Edy Samsul, namun petugas dari anggota Osis perlu memperhatikan kaidah-kaidah di jalan raya.

“Ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diingini, maklum kondisi jalan raya sedang ramai oleh kendaraan hilir-mudik jelang berbuka puasa” papar pembina Osis.

Lebih jauh pembina Osis menjelaskan kepada petugas dari Osis tentang cara menawarkan takjil, mengatur lalu lintas satu arah dari Tigo Jangko menuju Taluk.

Kemudian bagaimana sikap dan ucapan yang harus ditunjukkan petugas dari Osis ketika tawaran takjil diterima oleh pengguna jalan raya. Bahkan tawaran takjil ditolak sekalipun oleh pengguna jalan raya.

Kepala SMPN 2 Lintau Buo Syafrida SPd usai kegiatan berbagi takjil memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan program berbagi takjil mengejar berkah ini.

“Apresiasi yang tinggi terhadap anggota Osis dalam menjalankan program ini, alhamdulillah berjalan lancar berkat dukungan guru, pegawai dan orangtua siswa dari Osis,”ujar Syafrida SPd.

Lebih jauh kepala SMPN 2 Lintau Buo mengucapkan terima kasih kepada semua siswa, orangtua siswa, petugas dari anggota Osis dan semua personil guru dan pegawai yang telah ikut mendukung program kegiatan berbagi takjil mengejar berkah ini.

Berbuka puasa bersama

Usai kegiatan berbagi takjil dilanjutkan dengan berbuka bersama guru, pegawai dan Osis SMPN 2 Lintau Buo.

Menu spesial berbuka puasa bersama ini disajikan oleh 'tangan-tangan' terampil ibuk guru SMPN 2 Lintau Buo.

Tidak mengherankan jika setiap menu sederhana sekalipun terlihat mengundang selera makan.

Buka bersama ini juga dihadiri Ustadz Drs. Laminsar MPd, yang bagian keluarga besar SMPN 2 Lintau Buo.

Selain itu juga dihadiri punggawa Pembina Passusbra SMPN 2 Lintau Buo R.Hidayatullah AMd.Kom.

Hal ini akan dapat mempererat silaturahmi diantara keluarga besar SMPN 2 Lintau Buo.

Sholat Magrib berjamaah di Musholla Nurul Ilmi SMPN 2 Lintau Buo diimami oleh Ustadz Drs. Laminsar MPd.***