Kehadiran Orang Tua 24 jam Bersama Anak

Kehadiran orang tua 24 jam bersama anak - Kehadiran orangtua bersama anak merupakan tuntutan perkembangan anak. Setiap anak belum memiliki kemandirian fisik, motorik, kognitif, emosi dan sosial sehingga sangat membutuhkan sekali bantuan orangtuanya. 

Oleh karena itu, kebersamaan orangtua terhadap anaknya adalah kewajiban dalam pembangunan karakter anak tersebut.

Pertanyaan akan muncul yaitu berapa lama orangtua bersama anak dalam satu harinya? Apakah 24 jam atau sebagian waktu saja? Secara pasti anak akan selalu bersama orang dewasa selama 24 jam. 

Seorang anak tidak akan mungkin hidup tanpa kehadiran orangtua. Bagai ana mereka makan, minum, tidur  tanpa kebersamaan orangtua, oleh karena itu suatu jawaban yang pasti adalah orangtua selalu 24 jam bersama anak.

Pertanyaan muncul kembali yaitu, apakah orangtua harus 24 jam bersama anak? Tentunya secara kuantitatif orang tua tidak selalu harus bersama anaknya.

Yang penting adalah secara kualitatif orangtua bersama anak pada saat yang tepat sehingga dapat memenuhi kebutuhan anaknya baik secara mental maupun spritual.

Dari kedua orangtua anak, ibu memiliki peran yang begitu sangat terpenting dalam membangun potensi anak dibandingkan seorang ayah.

Karena anak membutuhkan belaian ibu untuk memenuhi kebutuhan emosi anak dan juga kebutuhan fisik, mental maupun spritual-nya, selain itu kodrat dan fitrah wanita telah disiapkan untuk mengasuh anak. 

Ayah juga memiliki peran penting dalam membangun potensi anak seperti kebutuhan model bagi anak laki-lakinya dan kebutuhan perkembangan lainnya seperti perkembangan intelektual dan sosial.

Orang tua bersama anak menjadi efektif apabila semua orang di rumah tersebut memiliki satu pola pengasuhan yang konsisten. Orangtua, kakek, nenek, paman dan keluarga lainnya harus kompak dalam mengasuh perkembangan anak.

Kegagalan mendidik anak terjadi apabila orangtua tersebut tidak konsisten mendidik anak. Orangtua yang tidak selalu bersama anaknya di rumah karena bekerja atau menjalankan berbagai aktifitas di luar rumah.

Kesalahan mendidik anak di masa dini akan berdampak serius kepada masa depan anak tersebut, karena itu orangtua harus tetap sebagai kordinator bagi anak, Hal ini tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada orang lain misalnya kepada neneknya atau kepada tantenya atau juga kakeknya maupun kepada sekolah tempat dia belajar. 

Kesalahan fatal akan di alami anak apabila orangtua melepaskan tanggung jawab ini sepenuhnya kepada orang lain.

Nah, 24 jam bersama anak dimaksudkan agar anak selalu bersama orangtua dan selalu mendapatkan kontrol dan pengawasan yang ketat sehingga orangtua dapat mengikuti perkembangan anaknya dan mengetahui semua permasalahan anaknya.
“Orangtua yang hebat adalah orangtua yang mengantarkan anaknya sampai kejenjang kesuksesan.” Wassalam. (*Penulis : Hadi Rahim)