Cara Mudah Berpartisipasi dalam Usaha Bela Negara

Cara mudah berpartisipasi dalam usaha bela negara - Bela negara, pasti yang terlintas di pikiran kita berhubungan dengan tentara, polisi maupun segala bentuk yang bersifat militer. Akan tetapi, bela negara ini mengandung makna yang luas.  Tidak hanya yang berkaitan dengan masalah pertahanan negara.

Pada hakikatnya bela negara adalah segenap upaya untuk memajukan dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara.

Segala bentuk partisipasi warga negara memberi dampak positif bagi keutuhan, kemajuan, kejayaan dan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Setipa warga negara dapat melakukan usaha bela negara sesuai fungsi dan peranannya masing-masing.

Wujud usaha bela negara dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.

Apa yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar dalam melaksanakan usaha bela negara?

1.Sebagai anggota keluarga

Sebagai anggota keluarga, upaya dari setiap anggota keluarga untuk saling berbagi, saling mendukung, menolong, dan saling mengasihi antara satu dengan yang lainnya.

Ini merupakan sikap yang dapat menciptakan kerukunan dan keharmonisan dalam keluarga.

Dengan hal ini dapat menciptakan kebahagiaan lahir dan batin bagi keluarga tersebut. Kondisi keluarga yang rukun dan bahagia inilah yang merupakan wujud partisipasi mereka dalam mewujudkan ketentraman dan kedamaian keluarga.

Upaya menjaga ketentraman dan kedamaian keluarga ini sudah merupakan bentuk partisipasi dalam upaya pembelaan negara di lingkungan keluarga.
 

2.Sebagai pelajar

Keikutsertaan dalam usaha bela negara bagi pelajar dapat diciptakan dengan cara yang sangat mudah, yaitu dengan belajar dan penuh semangat. 

Memperdalam iman dan takwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketekunan belajar inilah yang dapat menciptakan generasi yang cerdas, beriman, berwawasan luas, bermoral, dan terampil dalam membangun bangsa dan negara di masa depan.
  

3.Sebagai anggota masyarakat

Saling bantu, tolong-menolong, tenggang rasa, dan menjaga keharmonisan hubungan, kerukunan antar anggota masyarakat merupakan hal-hal yang dapat menciptakan ketentraman dan kedamaian dalam masyarakat.

Apabila kondisi masyarakat tidak rukun dan tidak aman, maka stabilitas keamanan negara akan terganggu. Oleh sebab itu, kesadaran masyarakat untuk menciptakan situasi yang tentram dan aman, serta kesadaran untuk selalu menjaga keamanan lingkungannya merupakan bentuk bela negara di lingkungan masyarakat.

Hal inilah yang merupakan bentuk partisipasi warga masyarakat dalam upaya bela negara di lingkungannya. (*Penulis : Denis Pahlevi)