UN Tingkat SMP dan Sederajat Dimulai

UN tingkat SMP/Sederajat dimulai – Hari ini siswa tingkat pendidikan SMP/Mts di seluruh Indonesia memulai ujian nasional (UN). Ujian akan berlangsung selama 4 hari untuk 4 mata pelajaran, yaitu; bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan IPA.

Hari pertama ujian nasional tingkat SMP dan Sederajat dimulai dengan mata pelajaran bahasa Indonesia. Soal ujian berjumlah 50 butir soal sehingga satu butir soal memiliki skor 2. 

Untuk mencapai nilai minimal 5.5 paling tidak siswa harus menjawab dengan benar 28 butir soal dari 50 butir soal yang ada.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi ‘primadona’ rata-rata nilai tertinggi dari 3 mata pelajaran lainnya. 

Bahkan bagi seorang peserta UN, nilai mata pelajaran ini dapat menggenjot nilai mata pelajaran lain yang rendah. Sehingga rata-rata nilai evaluasi murni (NEM) siswa tetap stabil.

Mata pelajaran matematika dilaksanakan pada hari kedua UN. Jumlah soal UN mata pelajaran ini sebanyak 40 butir soal. Satu butir soal memiliki skor 2.5 sehingga untuk mencapai nilai 5.5, siswa perlu mengumpulkan 22 butir soal harus betul jawabannya.


Bahasa Inggris dialngsungkan pada hari ketiga. Jumlah butir soal sama dengan jumlah soal bahasa Indonesia, 50 butir soal. 

Untuk mencapai nilai 5.5, siswa harus menjawab dengan benar sebanyak 28 butir dengan skor yang sama dengan mata pelajaran bahasa Indonesia.

Nah, mata pelajaran IPA berlangsung pada hari terakhir. Jumlah butir soal, skor soal dan jumlah harus dijawab dengan benar minimal, sama dengan mata pelajaran matematika. Materi terdiri dari konsep biologi, kimia dan fisika.

Tentunya siswa yang benar-benar siap menghadapi UN pantas memiliki semangat dan optimisme untuk memperoleh hasil yang terbaik. Tidak hanya sekadar mencapai target minimal, namun harus mencapai target maksimal. 

Hasil yang bagus memberi peluang bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, sekolah unggulan atau sekolah.


Akhirnya, selamat mengikuti ujian nasional semoga sukses.***