Mengenal Kendala Prestasi Belajar Siswa

Mengenal kendala Prestasi Belajar Siswa – Memang tidak mudah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Berbagai hambatan sering ditemui dalam meraih hasil belajar yang memuaskan. Bagi siswa sendiri, kendala meraih prestasi belajar ini kadang-kadang tidak terungkapkan. 


Artinya, sulit untuk mengenali apa dan bagaimana kesulitan belajar yang telah dialaminya. Siswa hanya menyadari kalau prestasi belajarnya merosot.

Sebenarnya, cukup banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jika ditinjau berdasar kendala atau hambatan, maka kendala prestasi belajar dikelompokkan menjadi dua bagian.

Ada dua kendala utama prestasi belajar siswa yang teridentifikasi:

1.Kendala internal

Kendala internal adalah hambatan yang berasal dari dalam diri siswa sendiri. Misalnya kecerdasan atau intelegensi question (IQ).

Meskipun tidak bersifat mutlak, faktor intelegensi sangat mempengaruhi upaya siswa meningkatkan hasil belajar yang optimal. 

Siswa yang memiliki nilai IQ di bawah standar akan sulit menggapai hasil belajar yang memuaskan.

Konsentrasi belajar yang rendah juga menjadi hambatan bagi siswa dalam meraih prestasi belajar.

Siswa sulit memusatkan perhatian pada apa yang sedang dipelajari. Akibatnya siswa tidak mampu memahami materi pelajaran dengan baik. 
Simak kembali: Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Kendala internal lain yang tak kalah penting adalah kebosanan dalam belajar. Siswa kadang-kadang merasa kesulitan untuk meredakan dan menghalau kebosanannya dalam belajar.

Siswa akan mudah bosan menjalani aktivitas yang bersifat rutin dan monoton. 
Lihat juga: Mengapa Bosan dalam Belajar
Yang paling parah adalah, siswa tidak memahami tentang apa manfaat kegiatan belajar yang mereka jalani.

Tidak menemukan kegunaan belajar bagi dirinya sehingga menjadi hambatan tersendiri untuk meraih hasil belajar secara optimal.

Ada pula siswa yang kurang menyenangi mata pelajaran tertentu. Mata pelajaran ini dianggapnya terlalu rumit dan membuat pusing kepala.

Besar kemungkinannya siswa mengalami kesulitan dalam mencapai hasil belajar yang optimal. 
Jangan lupa baca: Tips Agar Anak Anda Berprestasi di Sekolah

2.Kendala eksternal

Kendala eksternal merupakan hambatan belajar yang bersumber dari luar diri siswa. Hal ini sudah pasti diluar jangkauan kemampuan siswa untuk mengatasinya.

Misalnya, kendala strategi dan metode pembelajaran yang dijalankan guru, ekonomi orang tua, lingkungan belajar, dan struktur materi pelajaran yang sukar.***