Febroni Purba Dari Jakarta Terpilih Sebagai Young Ambassador Agriculture 2024

Febroni purba dari jakarta terpilih sebagai young ambassador agriculture 2024 - (Jakarta) Febroni Purba, seorang pengusaha yang mengkhususkan diri dalam peternakan ayam kampung di DKI Jakarta, berhasil terpilih sebagai salah satu Young Ambassador Agriculture (Duta Muda Pertanian) 2024. Pengumuman ini disampaikan dalam Grand Final Program Duta Muda Pertanian YESS yang diselenggarakan di Bogor pada Minggu, 23 Juni 2024.

Proses seleksi yang ketat dimulai dengan 1140 pendaftar, kemudian disaring menjadi 92 peserta untuk evaluasi lebih lanjut. Akhirnya, 55 individu dipilih sebagai Duta Muda Pertanian 2024.

Febroni, yang mewakili DKI Jakarta, berhasil menonjol berkat keahliannya dalam sektor hilir peternakan ayam lokal, sebuah usaha yang telah ia tekuni sejak tahun 2020 dengan penuh semangat.

Usahanya, yang dikenal dengan merek Ayam Kampung Andalas, mencakup dari pembiakan dan pembesaran ayam, hingga produksi telur dan berbagai produk olahan seperti fillet, daging giling, sayap, tulang, dan ceker.

Inovasinya meliputi ayam bumbu marinasi dan kaldu yang cocok untuk makanan pendamping ASI (MPASI), kini telah tersedia di pasar modern seperti supermarket, toko bahan makanan online, warung daging segar, dan restoran.

Kementerian Pertanian memilih Duta Muda ini untuk mewakili berbagai latar belakang, termasuk gender, keterbatasan fisik, dan keragaman sosio-ekonomi.

Inisiatif ini, yang dikelola oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) di bawah Kementerian Pertanian, bertujuan untuk menginspirasi generasi muda dan mengubah persepsi tentang pertanian sebagai profesi yang menarik dan menguntungkan.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menegaskan komitmennya untuk mendukung upaya inovatif para petani muda dalam memajukan pertanian Indonesia.

"Melalui YAA, para pemimpin muda pertanian akan memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai kedaulatan pangan nasional," katanya dalam pernyataan resmi.

Plt Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, menambahkan bahwa program ini lebih dari sekadar pengakuan; ini merupakan panggilan untuk bertindak.

"Duta Muda Pertanian 2024 akan aktif dalam mendidik dan menginspirasi generasi muda untuk terlibat dalam transformasi positif sektor pertanian," pungkasnya.*** (Dedy Pembelajar