Cara Mudah Mengerjakan Soal Fisika

Cara mudah mengerjakan soal fisika – Materi pelajaran cermin dan lensa tergabung dalam konsep optik.  Konsep pelajaran IPA Fisika ini dipelajari di kelas VIII pada jenjang SMP/Sederajat. 

Bagi siswa yang akan menghadapi ujian sekolah maupun ujian nasional (UN) cukup keawalahan juga mempelajari ulang materi yang satu ini. Materi pada konsep optik cukup banyak dan luas bahan kajiannya.

Soal-soal berkaitan dengan materi cermin dan lensa, kerap ditampilkan pada ujian nasional karena memang terdapat dalam SKL dan kisi-kisi UN mata pelajaran IPA. 

Nah, untuk memudahkan siswa menjawab soal-soal fisika, khususnya soal cermin dan lensa, maka pada kesempatan ini akan dibahas selengkapnya.

Seperti diketahui, cermin terbagi 3 yaitu cermin datar, cekung dan cembung. Sementara itu, lensa hanya terbagi 2 yaitu; lensa cekung dan cembung. Bagaimana struktur perakitan soal pilihan ganda khususnya materi cermin dan lensa ini?

Jika kita perhatikan struktur soal ujian fisika, khususnya soal berbentuk pilihan ganda, terdiri bagian pernyataan dan pilihan jawaban. 

Pernyataan merupakan uraian atau keterangan tentang pokok materi soal. Pernyataan ini, selain dengan uraian kalimat juga dilengkapi dengan gambar pendukung.

Alternatif jawaban (option) adalah pilihan jawaban yang sesuai dengan perintah soal. Hanya satu pilihan jawaban yang benar sementara yang lainnya berfungsi sebagai pengecoh. Berikut ini adalah contoh soal sebagai bahan belajar fisika bagi siswa tentang cermin cekung.

Perhatikan gambar di bawah ini!


Sebuah benda tegak diletakkan 50 cm di depan sebuah cermin seperti gambar di bawah ini. Jika jarak fokus cermin 25 cm, maka jarak bayangan benda yang terbentuk dari cermin adalah….

A.25 cm
B.30 cm
C.50 cm
D.75 cm

Langkah dan cara mengerjakan:

1.Perhatikan pernyataan soal dan gambar pendukung.
Baca dan perhatikan besaran apa yang sudah diketahui pada kalimat pernyataan soal. Begitu pula besaran pada gambar pendukung yang disajikan. 

Pada soal di atas, besaran yang sudah ada adalah jarak benda (s) = 50 cm pada kalimat pernyataan soal dan jarak fokus (f) = 25 cm pada gambar pada gambar pendukung.

2.Tandai apa yang ditanya atau diperintah soal.
Setelah langkah pertama, tandai besaran apa sesungguhnya yang menjadi pertanyaan atau perintah soal. Pada contoh di atas adalah jarak bayangan benda (s’).

3.Rumus umum cermin dan lensa.
Siswa perlu mengingat rumus umum yang selalu dipakai pada soal cermin dan lensa. Rumus tersebut adalah:
                1/f=1/s + 1/s’

4.Langkah penyelesaian soal.
Diketahui dari soal: jarak benda (s) = 50 cm dan jarak focus cermin = 25 cm. Maka:
1/f = 1/s + 1/s’
1/25 = 1/50 + 1/s’
1/s’ = 1/25 – 1/50 (samakan penyebutnya) maka:
1/s’ = 2/50 – 1/50
1/si’ = 1/50
S’ =50 cm

5.Langkah terakhir.
Langkah terakhir adalah menyesuaikan jawaban yang kita dapatkan dengan pilihan jawaban yang disediakan. Apakah ada di antara option jawaban itu yang sesuai dengan jawaban yang didapatkan? 

Mudah-mudahan ada. Pada contoh soal di atas, didapatkan angka 50 cm, kemudian di antara option juga ada angka tersebut. Mudah bukan? Semoga sukses.***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel